Ilustrasi tentang Pengertian Apa itu Email Marketing

Doni adalah seorang pebisnis online yang mempunyai banyak stok produk di rumahnya. Dia punya target stoknya tersebut habis dalam waktu 1 bulan, sehingga bulan berikutnya dia punya stok yang baru. Untuk itu dia menggunakan SEO, Facebook Ads dan Google Adwords sebagai saluran pemasaran kemudian mengarahkan pembaca iklannya ke website.

Singkat cerita stok itu berhasil terjual semuanya, bisnis Doni pun makin lama makin bertumbuh dan pembelinyapun makin bertambah. Kemudia dia menyadari selain profit yang besar, dia juga mendapatkan sebuah harta karun berupa alamat email dan no hp dari bisnisnya itu.

Kemudian Doni kumpulkan semua alamat email tersebut. Awal mulanya dia mencoba mengirim email ke semua alamat email yang dia dapatkan, dan ternyata ada pembeli lama yang merespon. Dari respon tersebut terjadilah transaksi yang lebih besar dari sebelumnya.

Doni makin menyadari dampak positif dari mengirim email ke para pelanggannya terhadap bisnis nya. Kemudian dia memutuskan untuk memakai layanan email marketing untuk memfasilitasi kegiatan mengirim emailnya. Dan pada akhirnya, dengan mengirimkan email secara rutin, para pelanggan lama Doni datang kembali. Dan dia pun menghasilkan lebih banyak repeat order dan profit hanya dari mengirim email.

Dari ilustrasi di atas seharusnya Anda sudah bisa memahami definisi email marketing. Berikut ini saya sudah merangkum beberapa pengertian email berdasarkan sumber-sumber yang terpercaya.

Definisi Email Marketing

Berdasarkan penjelasan dari Wikipedia definisi email marketing adalah sebuah tindakan atau aktivitas mengirimkan pesan komersil seperti promo, penawaran produk, diskon, penawaran membership dan lain sebagainya kepada sekelompok orang dengan menggunakan media email.

Sedangkan dari ilustrasi di atas, pengertian email marketing adalah sebuah rangkaian kegiatan pemasaran digital yang dimulai dari mengumpulkan email , dilanjutkan dengan melakukan pengiriman email secara masal, yang berisi informasi produk atau promo, yang bertujuan untuk mendatangkan penjualan dari pembeli lama maupun pembeli baru.

Prinsip Cara Penggunaan Email Marketing

Setelah Anda mengetahui apa itu email marketing, berikutnya Anda akan belajar tentang prinsip cara penggunaan email marketing. Secara umum prinsip cara penggunaan email marketing ini hanya ada dua, yaitu :

  1. Penggunaan secara manual
  2. Dengan menggunakan tools

Penggunaan email marketing secara manual maksudnya semua aktivitas dari mengumpulkan list email sampai pengiriman email dilakukan secara manual. Satu persatu Anda harus menginputkan alamat email yang akan dikirimi email. Kalau alamat emailnya hanya puluhan saya kira tidak ada masalah.

Namun bila alamat email yang akan Anda kirimi email jumlahnya ribuan, Anda akan membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Belum lagi email yang Anda kirimkan akan dianggap SPAM oleh penyedia email karena mengirimkan email ke banyak penerima dalam satu waktu yang sama.

Ya, dalam 7 hari kedepan Anda akan mempelajari EMAIL MARKETING yang akan kami kirim via email yang menjadi andalan para pebisnis online sukses dalam melipatgandakan profitnya. Teknik yang terbukti dapat menaikan KONVERSI hanya dengan mengirim email tanpa harus pusing keluar biaya iklan lagi.

  • Training Online Gratis Email Marketing

    Anda akan belajar selama 7 hari tentang email marketing, tools yang digunakan facebook ads dan email marketing (kirim.email)
  • Should be Empty: